Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah seseorang dari umat ini baik Yahudi dan Nashrani mendengar tentangku, kemudian dia meninggal dan tidak beriman dengan agama yang aku diutus dengannya, kecuali dia pasti termasuk penghuni neraka." (Shahih Muslim: 218)

Poligami (Debat)

Zeed Bertanya: Menurut anda pantaskah seorang pria memperistrikan wanita lebih dari satu? Apakah hal demikian tergolong dosa atau tidak? Berikan alasan logis anda?

Jawab:

1. Kalau mengenai ketetapan-ketetapan Allah, umat Islam tidak akan berpikir pantas atau tidak pantas.

2. Poligami diperbolehkan/tidak dilarang dalam Al-Qur'an, bahkan dalam Bibel sekalipun. Oleh karenanya, tidak pantas seorang Kristen mempermasalahkan poligami. Apa lagi hukum poligami dalam Islam sebatas Mubah (perbuatan yang jika dikerjakan seorang muslim mukallaf tidak akan mendapat dosa dan tidak pula mendapat pahala. Contoh : makan dan minum, belanja, bercanda, melamun, dan lain sebagainya) bukan wajib (perbuatan yang harus dilakukan oleh pemeluk agama islam yang telah mukallaf, di mana jika dikerjakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan akan mendapat dosa. Contoh : sholat lima waktu, pergi haji (jika telah mampu), membayar zakat, dan lain-lain.


3. Dua jawaban di atas adalah jawaban yang paling logis yang saya punya.

Zeed: Pertanyaan 1. Oke saya mengerti, saya yang kurang jelas dalam bertanya. Ralat. Menurut pribadi anda/ pendapat Pribadi anda pak Bileam, pantaskah seorang Pria menikah lebih dari satu kali dengan wanita lain/ poligami, dengan posisi istri pertama yang masih hidup?
27 November pukul 7:40

Zeed: Pertanyaan 2 & 3 :
maka secara kurang jelas, anda menyatakan poligami tidak berdosa??
Kemudian saya kurang setuju dengan pendapat anda mengenai Bibel atau kitab orang Kristen, yang menyatakan hal poligami tidak menjadi masalah. Mungkin karena anda yang kurang tahu lebih rinci mengenai kitab kami, maka coba saya nyatakan singkat: hal mengenai Poligami/ menikah lebih dari satu kali selama istri terdahulu masih hidup, dalam Bibel adalah tindakan berdosa. ( ayatnya terlalu panjang jika mesti ditulis) Adapun org2/ oknum2 Kristen yang berlaku poligami, saya anggap orang tersebut berbuat dosa. Hal mengenai menikah pun, saya tidak setuju bisa anda samakan dengan: makan, minum, belanja, bercanda, dan melamun. Makan dan minum yang adalah kebutuhan vital yang wajib dilakukan semua umat manusia, jika memang ingin/ masih mau bertahan hidup. Hal yang tidak merugikan orang lain jika dilakukan, asal tidak mengambil makanan orang lain. Mengenai belanja, bercanda, melamun: adalah tindakan yang tidak wajib dilakukan, karena tidak akan berakibat fatal jika dilakukan pun. Tentu tidak akan mengganggu orang lain, selagi duit yang di pakai belanja bukan utang/ korupsi, atau bercanda dan melamun tidak pada waktu yang tepat. Sedang hal menikah adalah sakral dan suci karena ada campur tangan Tuhan u/ melakukannya. Dengan ini pun saya senang bisa berdiskusi dengan anda pak Bileam. Sangat sopan santun bertutur kata, singkat padat dan jelas. Kalau pertanyaan anda masih berkenan anda respon, sungguh suatu kehormatan, jika tidak pun saya maklumi, keterbatasan waktu anda. Terima Kasih. God Bless.
27 November pukul 8:02

Bileam Bin Beor: Zeed, Poligami adalah masalah yang diperbolehkan dan telah di atur dalam agama Islam. Jadi maaf, saya tidak berani berpendapat tentang poligami dengan pendapat pribadi saya, karena itu berkaitan dengan masalah agama. Seandainya kamu meminta pendapat pribadi saya dalam masalah-masalah di luar agama Islam, tentu saya akan melakukannya. Kami umat Islam, percaya sepenuhnya dengan kesempurnaan syariat Islam dan tidak akan menilainya dengan pendapat pribadi.

Jika kamu berpendapat poligami dalam Bibel adalah tindakan berdosa dan karena ayatnya terlalu panjang sehingga tidak mungkin ditulis, saya mohon tunjukkan saja nama kitab, pasal beserta ayat-ayatnya, agar dapat saya baca.
28 November pukul 17:18

Zeed: Maaf sebelumnya pak Bileam,, maksudnya, anda tidak berani menyatakan kebenaran nurani anda, dengan beranggapan bahwa hukum Islam adalah yang terbaik dan sempurna? Kalau begitu adalah kewajiban bagi anda menaati semua isi Al-Qur’an, karena pernyataan anda sendiri yang meneguhkan bahwa seluruh hukum di Al-Qur’an itu adalah terbaik dan sempurna. Anda rela mengesampingkan suara hati nurani demi ketaatan pada hukum agama anda yang sempurna? Relakah anda menduakan istri anda? Atau langsung memotong tangan orang yang mencuri?? Pak Bileam, Anda memposisikan diri anda sendiri pada kesulitan, antara menaati hukum sempurna dengan memandang hati dan pertobatan orang lain. Tidak menaati hukum agama yang sempurna atau menaati hukum agama dengan membuat diri anda sendiri tak berperasaan.
Saya juga penasaran apa sih tujuan atau makna baik dibalik poligami tersebut???
29 November 7:02

Zeed: Kejadian 2 : 21 - 22
Matius 19 : 5
29 November 7:12

Bileam Bin Beor: kamu mengatakan bahwa saya tdk berani menyatakan kebenaran nurani anda, dengan beranggapan bahwa hukum Islam adalah yg terbaik dan sempurna?

Tidak, itu tidak benar Zeed. Pertanyaan: siapa sesungguhnya yang lebih tahu hati nurani seseorang? orang itu sendiri atau orang lain? orang itu sendiri kan, Zeed? nah sekarang, saya akan kasih tahu kamu isi hati nurani saya. Demi Allah, saya ulangi sekali lagi, demi Allah, sedikit pun hati nurani saya tidak pernah meragukan kesempurnaan syariat agama Islam dan itu artinya saya tidak perlu mengesampingkan suara hati nurani saya. Saya tidak berani berpendapat tentang poligami dengan pendapat pribadi saya justru karena saya tidak ingin mengesampingkan hati nurani saya yang yakin akan kesempurnaan Syariat Islam.

Kamu bertanya: relakah anda menduakan istri anda? Atau langsung memotong tangan orang yang mencuri??

Poligami dan hukum potong tangan hanya bisa dilakukan jika telah memenuhi syarat, Zeed. Jadi bukan main poligami atau main potong tangan pencuri. Saya kira, jawaban tentang hati nurani sudah cukup jelas.

Kejadian 2: 21-22

21 Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.

22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.

Matius 19: 5

Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan istrinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.

Tanggapan saya

Sebelumnya saya kira, kalau ayat-ayat yang kamu jadikan dalil berdosanya orang yang berpoligami di atas berupa ayat-ayat larangan atau ancaman Tuhan, ternyata bukan ya?

Mohon maaf sebelumnya Zeed, karena saya tidak sependapat dengan kamu. Jika memang terdapat larangan berpoligami di dalam Bibel, tentu terdapat ayat-ayat yang dengan sangat jelas melarang atau mengancam orang yang berpoligami, seperti misalnya berupa larangan; Jangan kamu nikahi wanita lebih dari satu atau nikahi wanita satu saja. Berupa ancaman; orang yang menikahi wanita lebih dari satu, orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya. Di dalam Bibel ada banyak larangan dan ancaman ya kan Zed? tapi tak satu pun ayat yang saya lihat melarang poligami atau ancaman terhadap orang yang berpoligami. Kalau kamu mengatakan Kejadian 2:21 dan Matius 19:5 adalah dalil berdosanya poligami, itu sekedar hanya tafsir kamu saja Zeed. Kamu tahu tidak Zeed, Gereja Katolik baru melarang poligami sejak masa Paus Leo XIII pada tahun 1866 dan Martin Luther pun tidak dapat melarang poligami dengan alasan tidak bertentangan dengan kitab suci. Jadi jika memang benar Bibel melarang poligami, mengapa Gereja baru melarang poligami di tahun 1866, Zeed?

Saya hormati tafsir atau pemahaman kamu terhadap Kejadian 2: 21 dan Matius 19:5, saya tidak memaksa kamu harus menerima penjelasan saya, sudah cukup senang bagi saya dapat berbagi pandangan dengan kamu Zeed.
19 jam yang lalu

Bileam Bin Beor: Jika sudah tidak ada tanggapan lagi, bagaimana kalau diskusinya kita tutup sampai di sini Zeed?
2 jam yang lalu

Zeed: Masih ada sebenarnya,, hanya saya tidak mau membuat berdebatan lebih runyam . . Mengingat anda adalah orang yang pantas dihormati,, dengan pola debat anda yang santun dan bersahaja . . Ya,, saya setuju kolom debat ini ditutup saja . .
Nice day
God Bless nice to meet u
2 jam yang lalu

Sumber:


***************************************SELESAI***********************************

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Poligami (Debat)"

  1. Nabi-nabi TERDAHULU tidak ada yang melakukan poligami beristerikan beberapa wanita sekaligus untuk digilir secara rutin.

    Kayaknya hanya "nabi" dari arab saja yang ber-poligami dengan cara menggilir semua isteri-isterinya itu
    Kalau Sha-Sha keliru silakan diluruskan yaaa..

    Makaciiie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada larangan berpoligami dalam Bible, baik untuk Nabi atau bukan Nabi.

      Hapus
    2. Tidak ada NABI dari kitab terdahulu yang melakukan POLIGAMI dengan beberapa isteri sekaligus buat digilir bergantian.... TIDAK ADA.

      Yang terjadi adalah:
      Nabi Abraham/Ibrahim PERNAH beristeri tiga, setelah isteri-isteri terdahulunya wafat, jadi MUSTAHIL Nabi Abraham/Ibrahim MENGGILIR isteri-isterinya.

      Nabi Musa PERNAH beristeri dua...Nabi Musa menikah lagi setelah isteri pertama wafat...jadi mustahil kalau Nabi Musa MENGGILIR kedua orang isterinya.

      Atau ente mau menunjukkan Nabi-Nabi terdahulu yang rajin MENGGILIR isteri-isterinya? Silakan saja kalau ada

      Hapus
    3. "Apabila seorang mempunyai dua orang isteri, yang seorang dicintai dan yang lain tidak dicintainya, dan mereka melahirkan anak-anak lelaki baginya, baik isteri yang dicintai maupun isteri yang tidak dicintai, dan anak sulung adalah dari isteri yang tidak dicintai,"
      "maka pada waktu ia membagi warisan harta kepunyaannya kepada anak-anaknya itu, tidaklah boleh ia memberikan bagian anak sulung kepada anak dari isteri yang dicintai merugikan anak dari isteri yang tidak dicintai, yang adalah anak sulung." (Ulangan 21 : 15-16)

      Ini adalah bukti bahwa Bible tidak melarang poligami. Seandainya Bible melarang poligami tentu tidak akan ada ayat menyampaikan tetang tuntunan dalam berpoligami seperti ayat-ayat di atas.

      Dalam ayat lain lain Bible juga menceritakan pelaku poligami yang pertama adalah Lamekh yang memiliki istri dua orang, Kejadian 4 : 19 "Lamekh mengambil isteri dua orang; yang satu namanya Ada, yang lain Zila."

      Abraham, Yakub dan Salomon adalah contoh Nabi-nabi dalam Bible yang mempraktekkan poligami. Tentu saja, Abraham, Yakub dan Salomon tidak akan anda anggap sebagai Nabi. Walaupun mereka semua mendengar firman Tuhan, memperoleh wahyu dari Tuhan tetapi gereja tidak menganggap sebagai Nabi.

      Itu bukti kalau poligami diperbolehkan oleh Tuhan dalam Bible, baik untuk Nabi atau bukan Nabi.Bahkan Gereja Katolik saja baru melarang poligami sejak masa Paus Leo XIII pada tahun 1866 dan Martin Luther pun tidak dapat melarang poligami dengan alasan tidak bertentangan dengan kitab suci. Poligami juga diizinkan dalam agama Yahudi. Praktek poligami berlangsung hingga rabi Gershom ben Yehudah (960-1030 M) mengeluarkan peraturan melarang hal itu. Komunitas Yahudi Sephardi yang berdiam di negara-negara Islam meneruskan praktek itu hingga tahun 1950, sampai undang-undang majelis tinggi rabi Israel memperluas larangan berpoligami.

      Tuhan dalam Bible tidak pernah melarang poligami, menghukum orang yang berpoligami, dan ada banyak praktek poligami yang dilakukan dalam Bible. Lalu apa alasan anda terus-terusan menghujat Nabi Muhammad SAW karena beliau berpoligami? Bible yang anda imani tidak pernah melarang poligami, itu yang harusnya anda jadikan pegangan. Jangan gunakan kebencian anda terhadap Islam sebagai alasan untuk terus menghujat Nabi Muhammad SAW.

      Jawaban saya tentang poligami saya rasa sudah lebih dari cukup. Tidak akan ada lagi jawaban apapun dari saya setelah ini. Pikirkan jawaban saya dengan akal sehat, bukan dengan kebencian anda terhadap Islam.

      Hapus
  2. Kalau menurut saudara zeed laki laki harus punya istri satu karena perempuan diciptakan dari rusuk laki laki itu adlah statement yg dipaksakan...trus bagaimana logika seorang istri yg usianya lebih tua daripada suaminya???tulang rusuk siapa yg diambilnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah anehnya argumentasi dia, perempuan diciptakan dari rusuk laki-laki, itu perempuan pertama yaitu Hawa. Perempuan yang lahir setelahnya tidak diciptakan dari rusuk laki-laki.

      Hapus

Pastikan komentar anda tidak keluar dari topik; menjawab atau menyanggah isi postingan. Komentar di luar itu tidak akan pernah ditayangkan.