Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah seseorang dari umat ini baik Yahudi dan Nashrani mendengar tentangku, kemudian dia meninggal dan tidak beriman dengan agama yang aku diutus dengannya, kecuali dia pasti termasuk penghuni neraka." (Shahih Muslim: 218)

Mengenal Tuhan-Tuhan Kristen

Di sekitar tahun 2007 yang lalu, saya menemukan sebuah buku dengan judul “Mengapa Anda Cemas dan Takut?” di atas sebuah mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang ada dalam sebuah Mol di Surabaya, tempat saya dahulu bekerja. Buku tersebut berwarna Pink di sampul depan dan berwarna putih di sampul bagian belakang, berisi 100 halaman dan tanpa keterangan penerbit, hanya ada dua buah nama, Jusuf S dan Mary Kathryn Baxter. Rupanya buku Kristen tersebut memang sengaja disebarkan untuk menyesatkan akidah pengunjung Mol yang mayoritas Muslim, itu bisa kita lihat dari lokasi penyebarannya, tanpa keterangan penerbit dan ditemukan lebih dari satu buku. Di dalamnya terdapat kesaksian-kesaksian serta pokok-pokok ajaran Kristen, seperti tentang kejatuhan Adam, Dosa waris, penebusan dosa dan juga penjelasan tentang Trinitas. Buku itu sengaja saya simpan karena yakin pada waktunya nanti akan sangat berguna.

Selama ini umat Islam sering dikatakan oleh kafir Kristen pemuja Yesus sebagai orang-orang yang salah dalam memahami makna Trinitas. Beruntung, buku yang saya temukan tujuh tahun yang lalu tersebut juga berisi penjelasan tentang Trinitas, sehingga hari ini saya dapat berbagi informasi mengenai Trinitas dari sumber yang tepercaya. Dengan memahami Trinitas dan mengenal Tuhan-Tuhan Kristen pemuja Yesus, saya yakin, tidak ada satu pun dari anda yang kemudian tertarik untuk murtad dan masuk agama Kristen. Dan tidak ada pula dari kaum kafir Kristen pemuja Yesus –selagi sehat akalnya- akan tetap menjadi bagian dari para pemuja Yesus. Inilah penjelasan Trinitas yang terdapat dalam buku tersebut:


Maria itu Perawan dengan Roh Tuhan melahirkan Yesus. Karena lahir dari Maria sebagai manusia maka Yesus itu juga manusia, dan karena lahir dari Tuhan yang berupa Roh, maka Yesus itu disebut Anak Tuhan, Anak Allah, dan karena Anak Allah, Yesus itu juga Allah. Dan Tuhan Yesus itu memang Esa, bukan terdiri dari 3, hanya fungsinya itu ada 3 Yaitu:

1.         Sebagai Allah yang Maha Kuasa, sebagai Pencipta, sebagai Bapak yang ada di surga yang menciptakan segala sesuatu dari tidak ada menjadi ada, termasuk bumi, langit, laut dan segala isinya termasuk juga manusia.

2.         Sebagai Penebus. Allah sebagai Penebus itu dengan tujuan untuk menyeiamatkan manusia dari' maut dan kerajaan maut, sehingga Dia turun ke bumi menjadi manusia yang lahir dari seorang manusia yang disebut Maria. Sebab jika bukan Tuhan yang menebus nyawa manusia, siapa lagi yang dapat menebus, tidak ada. Maka sebagai penebus itu Dia menjadi manusia yang disebut Yesus.

3.         Sebagai Roh Kudus. Tuhan, Allah kita itu berupa Roh yang disebut Roh Kudus atau Roh Tuhan atau Tuhan Yesus Kristus. Fungsinya ialah sebagai penghibur manusia, sebagai penolong manusia Tuhan sebagai Penolong manusia itu, sebagai Roh Dia dapat masuk pada manusia yang mengakui dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.”

Dalam buku ini dijelaskan bahwa kaum kafir Kristen pemuja Yesus tidak memuja tiga Tuhan. Tuhan menurut mereka adalah esa namun mempunyai tiga fungsi, yaitu sebagai Tuhan yang Maha Kuasa menciptakan segala sesuatu, sebagai Tuhan penebus dan terakhir sebagai Tuhan yang penghibur dan penolong manusia. Untuk memperkuat argumentasinya ini, mereka membuat sebuah analogi sebagai berikut:

 “Jadi Tuhan, Allah itu tetap satu, Esa, bukan tiga, yaitu nama-Nya Tuhan Yesus Kristus, hanya fungsinya saja ada tiga. Hal ini mudah untuk dimengerti apabila kita bandingkan dengan perumpamaan seorang manusia yang bernama B, mempunyai anak yang bcmama C, dan B ini mempunyai seorang ayah bernama A. Jadi orang B ini berfungsi sebagai bapak terhadap C dan berfungsi sebagai anak terhadap ayahnya yang bernama A. Tetapi B ini juga mempunyai roh, dan roh manusia B inilah yang bisa berhubungan dengan Allah yang juga berupa Roh. Jadi ada tiga fungsi manusia B yaitu sebagai bapak terhadap anaknya C dan sebagai anak terhadap ayahnya A, dan sebagai roh untuk bisa berhubungan baik dengan Tuhan, dengan Allah yang berupa roh.”

Perumpamaan mengenai manusia di atas adalah benar. Memang manusia B, selain berfungsi sebagai ayah bagi manusia C, juga berfungsi sebagai anak bagi manusia A. Namun perumpamaan semacam ini tidak sesuai jika dipersamakan dengan Trinitas, karena yang ada dalam Trinitas bukan SATU PRIBADI dengan TIGA FUNGSI seperti manusia B dengan ketiga fungsinya. Trinitas lebih tepat di sebut dengan TIGA PRIBADI (Bapa, putra dan Roh Kudus) dengan TIGA FUNGSI yang berbeda-beda pula. Jika Pencipta, Penebus dan Penghibur/Penolong adalah TIGA FUNGSI dari PRIBADI Tuhan yang esa, lalu siapa PRIBADI yang di sebut Bapa, Putera/Yesus dan Roh Kudus? Jadi, pengakuan kaum kafir pemuja Yesus bahwa Tuhan mereka adalah esa adalah bohong. Mereka meyakini TIGA PRIBADI Tuhan dengan fungsi yang berbeda-beda, klaim semata jika kemudian mereka menyatakan keTIGA PRIBADI Tuhan dengan fungsi yang berbeda-beda tersebut esa, karena bagaimana mungkin Tuhan yang memiliki TIGA PRIBADI di sebut Tuhan yang esa?

Bapa sebagai Tuhan pencipta, Putera atau Yesus sebagai Tuhan penebus dan Roh Kudus sebagai Tuhan penghibur atau penolong. Mencipta adalah kuasa yang hanya di miliki oleh Tuhan Bapa, menebus adalah kuasa yang hanya di miliki oleh Tuhan Putera atau Yesus dan menghibur atau menolong adalah kuasa yang hanya di miliki oleh Tuhan Roh Kudus. Tuhan Bapa hanya kuasa dalam mencipta, sedangkan untuk menebus dan menghibur atau menolong Tuhan Bapa tidak mampu. Tuhan Putera atau Yesus hanya kuasa dalam menebus, sedangkan untuk mencipta dan menghibur atau menolong Tuhan Putera atau Yesus tidak mampu. Tuhan Roh Kudus hanya kuasa untuk menghibur atau menolong, sedangkan untuk mencipta dan menebus, Tuhan Roh Kudus tidak mampu. Ternyata tidak satu pun dari ketiga Tuhan-Tuhan kaum kafir Kristen pemuja Yesus, baik itu Bapa, Putera dan Roh Kudus yang benar-benar maha kuasa. Karena ketiga Tuhan kaum kafir Kristen pemuja Yesus tersebut hanya kuasa terhadap fungsi Mereka masing-masing. Tuhan kafir Kristen pemuja Yesus dapat di sebut maha kuasa, hanya apabila keTIGA PRIBADI Tuhan tersebut di MIX jadi satu. 

Sebagai penutup ingin saya sampaikan bahwa pandangan pengarang buku ini tidak seperti kebanyakan kafir Kristen pemuja Yesus yang munafik. Di dalam bukunya ini, pengarang tidak pernah menyebut bahwa yang di maksud dengan Yesus anak Allah bukanlah anak dalam arti hasil dari hubungan biologis suami-istri, melainkan dengan jujur mereka menyatakan bahwa Yesus di sebut anak Allah karena adanya ‘hubungan’ antara Maria dengan Roh Tuhan. Mereka juga mengatakan, bahwa karena Yesus lahir dari Maria sebagai manusia maka Yesus itu juga manusia, dan karena lahir dari Tuhan yang berupa Roh, maka Yesus itu disebut Anak Tuhan, Anak Allah, dan karena Anak Allah, Yesus itu juga Allah. “Karena Anak Allah, Yesus itu juga Allah”, ungkapan ini bisa dinyatakan, hanya jika Yesus memang benar-benar anak biologis Allah. 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mengenal Tuhan-Tuhan Kristen"

  1. Trinitas ini seperti mitos yunani kaya di film2, si zeus menghamili perempuan (manusia biasa) dan lahirlah hercules (setengah dewa)..

    BalasHapus

Pastikan komentar anda tidak keluar dari topik; menjawab atau menyanggah isi postingan. Komentar di luar itu tidak akan pernah ditayangkan.