Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah seseorang dari umat ini baik Yahudi dan Nashrani mendengar tentangku, kemudian dia meninggal dan tidak beriman dengan agama yang aku diutus dengannya, kecuali dia pasti termasuk penghuni neraka." (Shahih Muslim: 218)

Debat: Bukti Injil di Tulis Oleh Murid-Murid Yesus

Debat kali ini membuat saya ingin selalu tertawa jika mengingatnya. Daniel Herry Purnama, seorang Kristen yang dengan sombong sesumbar bahwa dirinya sudah banyak membuat keteteran debater Muslim. Dia juga berkata bahwa dalam setiap debat dirinya tidak pernah dibuat keteteran. Tantangan debat yang pada awalnya tidak saya hiraukan akhirnya saya layani juga. Dalam debat kedua dengannya, saya ingin Daniel Herry Purnama membuktikan kepada saya bahwa penulis Injil adalah benar-benar murid-murid Yesus. Tanya jawab antara saya dan Daniel Herry Purnama pun terjadi. Sampai pada satu komentar, Daniel Herry Purnama berkata bahwa: Injil Matius di tulis mulai tahun 40 Masehi sampai dengan abad ke dua disaksikan bapa-bapa gereja. Kemudian saya katakan bahwa hal tersebut mustahil karena Matius murid Yesus telah mati pada 60 Masehi. Daniel Herry Purnama dengan lugunya menjawab bahwa Injil Matius penulisannya dilanjutkan oleh muridnya yang namanya Matius juga. Dari sini saya mulai sadar, bahwa apa yang dilakukan oleh Daniel Herry Purnama sejak awal bukanlah untuk membuktikan penulis Injil Matius adalah Matius murid Yesus. Dia sadar atau tanpa sadar justru membuktikan kepada saya bahwa penulis Injil Matius bukanlah Matius murid Yesus. Perdebatan lengkap saya dengan Daniel Herry Purnama dapat anda baca di bawah ini:    

Wahyu Kristanto: Baik Daniel Herry Purnama, inilah empat pertanyaan yang ingin saya tanyakan:

1. Injil Matius di tulis oleh Matius murid Yesus? Buktikan!

2. Injil Markus di tulis oleh Markus murid Yesus? Buktikan!

3. Injil Lukas di tulis oleh Lukas murid Yesus? Buktikan!

4.  Injil Yohanes di tulis oleh Yohanes murid Yesus? Buktikan!

Nah, silakan jawab empat pertanyaan di atas.

Top of Form
Daniel Herry Purnama: lnjil Matius dan Yohanes di tulis oleh Matius dan Yohanes sedangkan Markus dan Lukas adalah murid rohani para Rosul/murid Yesus.

Wahyu Kristanto: Yang saya minta itu buktinya juga Daniel Herry Purnama, bukan cuma itu...

Daniel Herry Purnama: Buktinya tertulis dalam lnjil  makanya baca.

Wahyu Kristanto: Hahaha...Kalau memang buktinya ada di injil, coba sebutkan ayat injil mana yang membuktikan bahwa Injil Matius ditulis oleh Matius murid Yesus, injil Markus ditulis oleh Markus murid Yesus, injil Lukas ditulis oleh Lukas murid Yesus, injil Yohanes ditulis oleh Yohanes murid Yesus. 

Nggak perlu berputar-putar, buktikan saja. Kalau nggak bisa jawab, jujur saja...jangan dipaksa-paksakan...


Wahyu Kristanto: Saya kasih kesempatan satu kali komentar lagi, Daniel Herry Purnama. Kalau di komentar setelah ini kamu tidak menanggapi permintaan saya untuk membuktikan penulis injil adalah murid-murid Yesus, saya akan akhiri debat ini, karena kamu sudah KETETERAN nggak bisa menjawab.

Daniel Herry Purnama: Keteteran...wakakkkkakakakak Quran mu 1 surah pun tak ada yang menjelaskan tentang 12 murid Yesus malah kamu mengkritisi kitab yang lebih komplet Konyol.

Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.

Wahyu Kristanto: Memang ayat tersebut menyebut nama Matius sebagai murid Yesus, tapi apa BUKTInya kalau Matius murid Yesus itu yang menulis Injil Matius? Itu sebenarnya yang ingin saya tahu. Buktinya boss...buktinya...! Kalau cuma menyebut nama murid-murid Yesus dalam Injil itu mudah, yang saya minta itu bukti murid-murid Yesus menulis Injil.

Daniel Herry Purnama: apa buktinya  kesaksian semua bapa gereja yang mula-mula pada tahun 130 Masehi.

Wahyu Kristanto: Kesaksian bapa-bapa gereja yang seperti apa? Apakah bapa-bapa gereja yang kamu sebut itu pernah melihat sendiri murid-murid Yesus itu menulis Injil? atau bagaimana???

Daniel Herry Purnama: Benar sekali merekalah saksi yang melihat pembuatan lnjil Matius 
seperti bapa Epiphius, Epiphinus Panarioan, Origen, Bartolomeus .

Wahyu Kristanto: Bapa-bapa gereja yang kamu sebutkan di atas itu lahir sekitar 185-310 M, bahkan Bartolomeus lahir 1940an. Mustahil mereka itu melihat pembuatan Injil Matius oleh Matius murid Yesus. Karena Injil Matius di tulis tahun 40 M. Itu baru Injil Matius, bagaimana dengan ketiga Injil lainnya?

Daniel Herry Purnama: Bartolomeus siapa yang kau maksud, beliau adalah murid asli Yesus ? bapa2 gereja tersebut sudah ada pada abad 1

Wahyu Kristanto: Jadi maksud kamu, bapa-bapa gereja yang kamu sebut itu melihat Matius murid Yesus menulis Injil Matius, walaupun selisih kelahiran mereka lebih dari 60 tahun dari ketika Injil Matius di tulis???

Daniel Herry Purnama: lnjil matius selesai pada abad 2 Masehi

Wahyu Kristanto: Kalau Injil Matius selesai pada abad 2 Masehi, itu berarti penulis Injil Matius bukan Matius murid Yesus, tapi Matius yang lain, Daniel Herry Purnama.

Daniel Herry Purnama: penulisan lnjil matius pada tahun 40 M selesai abad ke 2  di saksikan bapa gereja.

Wahyu Kristanto: Tapi Matius mati di Etiopia tahun 60 Masehi. Bagaimana mungkin Matius menyelesaikan penulisan Injilnya di abat ke 2 kalau dia mati di tahun 60 Masehi?

Daniel Herry Purnama: Benar, lnjil matius diteruskan oleh murid rohaninya namanya Matius juga.



Daniel Herry Purnama: lnjil Matius pertama berbahasa lbrani di terjemahkan ke dalam bahasa Yunani namanya Septuaginta pada abad ke 2 dan 3

Wahyu Kristanto: hahaha...Kalau begitu ceritanya, berarti selama ini kamu tidak sedang membuktikan kalau Injil Matius itu di tulis oleh Matius murid Yesus. Tanpa kamu sadari, sebenarnya kamu sedang membuktikan kalau Injil Matius di tulis oleh orang lain yang bernama Matius (bukan murid Yesus). Kenapa saya berkesimpulan demikian? Karena kamu sendiri yang bilang bahwa bukti Injil Matius di tulis oleh Matius murid Yesus adalah kesaksian bapa-bapa gereja yang lahir di 185-310 Masehi. Padahal Matius murid Yesus mati di tahun 60 Masehi. Itu artinya, apa yang disaksikan bapa-bapa gereja adalah penulisan Injil Matius oleh orang lain yang bernama Matius, bukan Matius murid Yesus.

Baik, karena sudah terbukti bahwa sesungguhnya penulis Injil Matius adalah BUKAN Matius murid Yesus, maka silakan jawab pertanyaan nomor 2, 3, dan 4.

Daniel Herry Purnama: Hahahhahaha tahun 150 M bukan 160 (Wahyu Kristanto: saya bahkan tidak pernah menulis 160 Masehi) wakkkk salah ngeyel. Salahkah kesaksian Matius di turunkan anak didiknya salah ???? Seperti halnya Muhammad menuliskan Quran melalui para sahabat seperti Usman bin affan.

Wahyu Kristanto: Lanjutkan saja untuk menjawab pertanyaan nomor 2, 3, dan 4. Atau kamu ingin menyudahi debat tanpa memberi jawaban untuk nomor 2, 3, dan 4? Terserah kamu!


Debat saya dengan Daniel Herry Purnama berakhir sampai di sini. Dia meninggalkan arena debat begitu saja dengan menyisakan tiga pertanyaan yang belum dijawabnya. Orang yang dengan sombong berkata tidak pernah keteteran ketika debat melawan debater Muslim, ternyata nyungsep juga debat dengan saya. Saya berharap, debat kali ini membuat Daniel Herry Purnama mawas diri, tidak lekas berbangga dan sombong hanya karena merasa menang debat dengan beberapa orang Muslim.

Subscribe to receive free email updates:

24 Responses to "Debat: Bukti Injil di Tulis Oleh Murid-Murid Yesus"

  1. Kalau mau berdebat tentang agama orang jangan sok pintar, berapa pengetahuan yang anda miliki tentang alkitab ? Kalau pengetahuan anda tentang alkitab sangat sedikit saya sarankan anda sebaiknya mengalihkan waktu anda ke arah yang lebih berguna seperti mencari nafkah dan lain-lain. kalau ada waktu luang sebaiknya tiduran dari pada menampakan diri anda seperti ilmuwan tapi ilmunya cuma seujung kuku. Postingan anda juga kurang bertanggung jawab karna anda tidak melengkapi dengan pengetahuan anda secara lengkap tentang sejarah ke-4 injil yang anda miliki lalu sumber pengetahuan anda dari mana? Apakah sumber itu bisa dipercaya atau tidak? Salam dari anak TIMOR!!!!, meskipun jarang mengikuti perintah tuhan tapi alergi mendengar orang menghina sesama karena agama.

    BalasHapus
  2. Tipikal follower kristen kl ga bisa jawab keok jurusnya nyudut orang nyuruh ini nyuruh it, payah memang ni org

    BalasHapus
  3. sebenarnya ilmu kristologi itu legal ga sih di indonesia ?

    BalasHapus
  4. Wahyu Kristanto bertanya kepada Daniel Herry Purnama:
    Baik Daniel Herry Purnama, inilah empat pertanyaan yang ingin saya tanyakan:

    1. Injil Matius di tulis oleh Matius murid Yesus? Buktikan!

    2. Injil Markus di tulis oleh Markus murid Yesus? Buktikan!

    3. Injil Lukas di tulis oleh Lukas murid Yesus? Buktikan!

    4. Injil Yohanes di tulis oleh Yohanes murid Yesus? Buktikan!

    Nah, silakan jawab empat pertanyaan di atas.

    ***** TANGGAPAN Sha-Sha*****
    1. Injil Matius ditulis oleh Rasul Matius murid Yesus
    Bukti:
    Matius 9:9
    Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku." Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia.

    Ayat di atas itu menjabarkan dengan "detil" bagaimana Tuhan Yesus merekrut Matius, dan itu hanya bisa digambarkan oleh si Matius itu sendiri.
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    2. Injil Markus ditulis oleh Rasul Markus murid Rasul Petrus...
    Rasul Petrus-lah yang adalah murid-langsung Tuhan Yesus.

    Injil Markus terkadang disebut juga Injil Petrus, karena Rasul Markus menulis Injil ini bersumber dari Rasul Petrus
    Rasul Petrus dikenal Rasul yang hemat bicara, kalaupun berbicara Beliau berbicara secara lugu-polos-sederhana-singkat dan apa adanya.Itulah sebabnya Injil Markus memuat ayat-ayat yang pendek dan singkat.
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    3.Injil Lukas ditulis oleh Rasul Lukas, Beliau murid Rasul Paulus

    Bukti:
    Injil Lukas:
    1:1 Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita,
    1:2 seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman.
    1:3 Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu,

    Kutipan ayat di atas adalah surat kepada Teofilus , hanya Rasul Lukas saja yang berteman dengannya, sedangkan Matius,Markus dan Yohanes tidak mengenal Teofilus.
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    4. Injil Yohanes ditulis oleh Rasul Yohanes yang dikenal pula sebagai "Murid yang dikasihi" Yesus.

    Bukti:
    Injil Yohanes:
    19:25 Dan dekat salib Yesus berdiri ibu-Nya dan saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena.
    19:26 Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: "Ibu, inilah, anakmu!

    Betapa detilnya ayat-ayat di atas itu , yang memang ditulis oleh Rasul Yohanes (Murid yang dikasihi), keakuratan ayat di atas itu dikarenakan Rasul Yohanes hadir dan berdiri di dekat kayu salib di mana Yesus disalib.

    Sekian...Tuhan Yesus memberkati

    BalasHapus
  5. sha sha, coba cermati dialog antara keduanya diatas, justru tulisan anda itu yg di jelaskan/didebat dan di buktikan, trim salaam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uraian Sha-Sha disertai juga dengan bukti-dalilnya, sehingga uraiannya sangat mewakili kebenaran.

      Hapus
    2. Yang diberikan SHA-SHA hanya membuktikan Matius, Markus, Yohanes adalah murid-murid murid Yesus, tetapi yang saya minta itu bukti murid-murid Yesus menulis Injil.

      Seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman (Lukas 1:2). Ayat ini justru menjadi bukti bahwa penulis Injil Lukas bukanlah murid Yesus. Penulis Injil Lukas adalah orang yang mendengar kisah tentang Yesus dari berbagai sumber, kemudian dia selidiki dan dituliskan.

      Hapus
  6. @ muslim "Bileam"

    muslim "Bileam" menulis:
    Yang diberikan SHA-SHA hanya membuktikan Matius, Markus, Yohanes adalah murid-murid murid Yesus, tetapi yang saya minta itu bukti murid-murid Yesus menulis Injil.

    Seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman (Lukas 1:2). Ayat ini justru menjadi bukti bahwa penulis Injil Lukas bukanlah murid Yesus. Penulis Injil Lukas adalah orang yang mendengar kisah tentang Yesus dari berbagai sumber, kemudian dia selidiki dan dituliskan.

    **** TANGGAPAN Sha-Sha *****
    Silakan baca ulang uraian dari Sha-Sha di atas itu, Sha-Sha tidak pernah bilang Rasul Markus dan Rasul Lukas adalah MURID-LANGSUNG Tuhan Yesus.

    Sha-Sha sudah memberikan bukti bahwa

    Penulis Injil Matius adalah Rasul Matius, murid-langsung Tuhan Yesus.

    Penulsi Injil Markus adalah Rasul Markus, murid Rasul Petrus.[Rasul Petrus-lah yang murid-langsung Tuhan Yesus]

    Penulis Injil Lukas adalah Rasul Lukas, murid Rasul Paulus

    Penulis Injil Yohanes adalah Rasul Yohanes, murid-langsung Tuhan Yesus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukti yang mana? Ayat-ayat yang kamu tulis di atas hanya menyebutkan nama-nama murid-murid Yesus. Ayat-ayat tersebut Sama sekali tidak menceritakan bagaimana Matius, Markus, Lukas dan Yohanes menulis Injil2 karangannya.

      Yang saya minta itu bukti murid-murid Yesus menulis Injil, bukan bukti Matius, Markus, Lukas dan Yohanes di sebut dalam Injil. Paham enggak ya...?! Makanya dibaca dulu postingannya, jangan langsung komentar...!

      Hapus
    2. @ muslim "Bileam"

      Ya silakan baca ulang penjelasan dan uraian Sha-Sha itu, di sana ada bukti bahwa :

      Penulis Injil Matius adalah Rasul Matius, murid-langsung Tuhan Yesus.

      Penulis Injil Markus adalah Rasul Markus, murid Rasul Petrus.[Rasul Petrus-lah yang murid-langsung Tuhan Yesus]

      Penulis Injil Lukas adalah Rasul Lukas, murid Rasul Paulus

      Penulis Injil Yohanes adalah Rasul Yohanes, murid-langsung Tuhan Yesus.

      JADI: Bukti-bukti itu tersaji dari URAIAN yang Sha-sha ungkapkan di sana

      Tapi Kalau ente MENUNTUT harus ada ayat yang menyatakan dengan tegas bahwa : Penulis Injil Matius adalah murid Yesus yang bernama Matius dan seterusnya, memang tidak ada slim...

      Pembuktiannya adalah lewat PENALARAN dengan menelusuri BENANG-MERAH nya...sehingga terbuktilah kalau yang menulis Injil adalah Rasul Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.

      Hapus
    3. Memang harus ada ayat yang menyatakan dengan tegas bahwa Penulis Injil adalah murid-murid Yesus, atau pengakuan murid-murid Yesus bahwa mereka menulis Injil. Jika semuanya itu tidak ada, maka memang tidak ada bukti kalau penulis Injil adalah murid-murid Yesus.

      Hapus
    4. @SHA-SHA says:

      Pembuktiannya adalah lewat PENALARAN dengan menelusuri BENANG-MERAH nya...sehingga terbuktilah kalau yang menulis Injil adalah Rasul Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.
      -----------------------

      Menelurusuri "benang merah" - sanadnya, gitu? Rantai periwayatan?
      Silahkan. Setelah anda menelusurinya (termasuk menelusuri siapakah "Matius" kedua yang disebutkan mas Daniel), silahkan anda jabarkan, mata rantai penulisan bible, dari lisan "Yesus", hingga sampai ke toko-toko buku sekarang ini.

      Hapus
  7. Sebenarnya SHA SHA lebih Pinter dari Daniel, SHA SHA bantu menyanggah pernyataan Daniel yang sedari awal sudah kepeleset pernyataan matius yg nama penulisnya nya matius juga, kasus ini belum Dan ga akan pernah ada titik pencerahan, jawaban daniel menjadi semakin semu, malah timbul pertanyaan baru siapa matius yg namanya matius juga? Kalau memang benar, coba paparkan siapa matius ke-2 yang meneruskan injil matius aseli?

    BalasHapus
  8. Jadi. Pada inti nya para penulis Injil bukan lah murid langsung dari Yesus.
    Jadi mereka adalah murid dari 12 Rasul.
    Tp kok skrng para penulis Injil itu di sebut juga sebagai rasul.
    Siapa yang mengangkat mereka menjadi rasul. Sedang kan Yesus sudah mati.
    Yang saya tau Yesus hanya mengangkat 12 murid.
    Klo ada rasul yang selain di angkat Yesus. Arti ny itu rasul ilegal donk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak membaca lagi ya kawan uti rendi, terutama Alkitab. Baca dengan hati dan pikiran yang murni.. jangan cuma mendengar sesuatu tentang Yesus dari orang lain, baik itu orang kristen atau bukan.. belajar sendirilah dari Alkitab. GBU

      Hapus
  9. debat yang paling bodoh dan pertanyaan yang paling bodoh, injil matius ya ditulis matius, markus yg ditulis markus,lukas ya lukas yg nulis,johannes ya johannes yang nulis kok malah minta buktikan?. mau tahu tinggal search j di google di wikipedia juga ada lengkap. apa bukti penulis lord of the ring? ya liat saja bukunya dan referensinya. tetapi kalau saya bertanya..1.apa buktinya muhammad naik buraq ke sorga?soalnya di alquran tidak tertulis. 2. apa buktinya muhammad membelah bulan? soalnya tidak ada di alquran, 3. apa buktinya pria muslim yang telah ke sorga akan dihadiahkan 72 bidadari perawan yang selalu trus perawan walaupun???...soalnya si muhammad mati, dikubur..ini baru pertanyaan yang memerlukan bukti dan saksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu memang yakin Injil-Injil Kristen ditulis oleh murid-murid Yesus, coba tunjukkan buktinya?! Itu pertanyaan wajar, karena selama ini gereja hanya mengatakan Injil ditulis oleh murid-murid Yesus tanpa mampu memberikan bukti dan anehnya kalian percaya saja. Bodoh itu kalau kamu percaya saja ketika gereja mengatakan injil ditulis oleh murid-murid Yesus walaupun tanpa menunjukkan bukti.

      Hapus
    2. Sama halnya kayak mana buktinya quran ditulusoleh muhammad? Bisa buktikan bukti konkritnya? Tidak kan? Kalau begitu jangan tanya kami demikian pula.

      Hapus
    3. Bukti Al-Qur'an ditulis oleh Nabi Muhammad SAW jelas nggak ada, Nana. Karena Nabi Muhammad SAW memang bukan penulis Al-Qur'an. haha

      Hapus
  10. Ngawur. Matius mati tahun 74, sedangkan injil matius ditulis sebelum tahun 66. Itu pihak kristen jg ngomongnya nglantur. Nglantur sama nglantur ya jadinya sesat

    BalasHapus
  11. Kalau kalian islam masih tidak percaya juga,, sama matius markus lukas yohanes.. dan juga kitab2 paulus..
    Kan masih ada Kitab wahyu,, Dan kitab wahyu juga menyatakan ketuhanan YESUS.. dan anda tidak bisa menyangkal yohanes bukan murid Yesus,, karna dia menulis sendiri bahwa dia yohanes..
    Ini hebat nya alkitab,, saksi nya ada banyak.. kalau QURAN MU ?? CUMA 1 ORANG DOANG.. Dan kitab suci yang bersaksi tunggal itu AMAT BERBAHAYA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel di atas ditulis berdasarkan pengalaman debat saya dengan seorang Kristen mengenai penulis Injil-Injil Kristen. Dari debat tersebut terkuak jika Injil Matius ditulis bukan oleh Matius murid Yesus, tetapi ditulis oleh orang lain yang juga bernama Matius. Kalau kalian kafir Kristen pemuja Yesus dapat membuktikan jika yang menulis Injil-Injil Kristen adalah murid-murid Yesus, ada baiknya menjelaskannya. Bukan hanya menyalahkan orang lain.


      OK MAN, percuma saja kalau kamu mengatakan penulis-penulis kitab Perjanjian Baru menyatakan ketuhanan Yesus, sementara Yesus sendiri tidak sekalipun pernah menyatakan dirinya Tuhan. Injil-Injil Kristen yang ditulis berdasarkan banyak kesaksian dan penyelidikan penulisnya (Lukas 1:3) justru menguatkan dugaan seorang Muslim bahwa Injil-Injil Kristen bukanlah kitab wahyu yang dituliskan berdasarkan firman Allah, tetapi hanya sebatas kitab sejarah yang ditulis berdasarkan kesaksian dan penyelidikan penulisnya.

      Hapus
  12. Murid Yesus bukan cuma 12 orang, tapi ada 70 orang. (Injil Lukas10:1) :Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, tapi itu saja belum cukup membuktikan Injil Kristen benar-benar ditulis oleh murid-murid Yesus.

      Hapus

Pastikan komentar anda tidak keluar dari topik; menjawab atau menyanggah isi postingan. Komentar di luar itu tidak akan pernah ditayangkan.